PEMILIHAN
DAN PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN UNTUK PENGEMBANGAN
PERDEPSI
PENGLIHATAN & PERSEPSI PENDENGARAN
Pengembangan persepsi penglihatan
adalah persepsi yang di dasarkan kepada penglihatan dan sangat mengutamakan
peran indera penglihatan, dan anak mampu memberikan arti atau makna terhadap
informasi yang di lihatnya.
Pengembangan persepsi pendengaran
adalah pengamatan dan penilaian terhadap sesuatu yang di terima oleh bagian
telinga dan anak mampu mengungkapkan dan memberikan informasi yang di
dengarnya.
1. Kenapa perlu di kembangkan ?
·
Supaya
anak mampu mengungkapkan serta mengingat apa yang telah ia ingat dan ia dengar
·
Selain
itu anak mampu membedakan bentuk, warna dan ukuran suatu benda dari yang ia
lihat (penglihatan) dan anak juga mampu membedakan bunyi, seperti bunyi suara
anjing dengan suara kucing atau suara gemericing dengan suara gitar
·
Memperbaiki
kemampuan dan kepekaan cara-cara mendengarkan atau menyimak informasi dan
segala rangsangan yang masuk melalui pendengarnya.
·
Anak
dapat meningkatkan kekuatan ingatan dan pendengaran tentang suara-suara yang ia
dengar
·
Menekan
kan pada kemampuan pendengaran anak sebagai alat untuk memperoleh berbagai
pengalaman anak
·
Untuk
memperoleh pengalaman belajar melalui jalur visual, sebagai bagian dari
memperbaiki perilaku dalam memanfaat kan mata sebagai alat penerima pengalaman
2. Jenis-jenis media atau alat permainan
yang di gunakan untuk mengembangkan persepsi pendengaran dan persepsi
penglihatan
·
Gitar
mainan
·
Lonceng
kaleng
·
Tape
recorder
·
Rekaman
macam-macam suara, misalnya macam-macam suara binatang
·
Gemericing
·
Terompet
mainan
·
Alat
perkusi
·
Gambar-gambar
·
Bentuk-bentuk
geometri atau bentuk balok
·
Buku
cerita
3. Media atau alat yang di gunakan
·
Gambar-gambar
binatang
·
Rekaman
suara binatang melalui handphone
·
Gemericing
Pembuatan gemericing
·
Alat
dan bahan :
1. 8 tutup botol limun
2. 2 buah paku
3. Palu
4. Sepotong kayu sesuai keinginan yang
telah di bentuk sedemikian rupa
·
Cara
pembuatan :
1. Tutup botol limun terlebih dahulu di
pipih kan dengan menggunakan palu
2. Paku kan tutp botol limun tersebut di
atas permukaan kayu
3. Pada masing-masing paku di lekatkan 4
buah tutup botol limun
4. Atur jarak untuk pemasangan paku dan
tutup limun berikut nya
5. Paku yang di tempelkan jangan terlalu
dalam agar tutup botol limun memiliki ruang untuk dapat menimbulkan bunyi
4. Langkah-langkah pelaksanaanya
Tema
: binatang
Sub tema : binatang darat
§ Siapkan barisan anak dan masuk kelas
dengan tertib
§ Atur tempat duduk anak
§ Bernyanyi, berdoa, dan ucap salam
§ Bercakap-cakap tentang binatang darat
§ Guru mengajak anak untuk
bernyanyi lagu ‘Helly’ bersama sama di
iringi dengan gemericing
§ Guru masuk pada kegiatan pembelajaran
yaitu guru memperdengarkan suara-suara binatang darat melalui rekaman dari
handphone, kemudian anak di suruh menebak bunyi suara tersebut
§ Setelah anak dapat menebak bunyi
tersebut, guru memperlihat kan beberapa gambar binatang darat dan guru meminta
anak untuk menebak gambar sesuai dengan suara rekaman yang telah di
perdengarkan pada anak tadi.
§ Guru meminta anak untuk memperagakan
gaya binatang yang di sebutkan oleh guru
§ Evaluasi
§ Penutup dan salam
5. Keunggulan dan kelemahan dari alat
permainan atau media yang di gunakan
Kelebihan
-
Gemericing
Alat dan
bahan mudah di dapat dan mudah di buat serta tidak mengeluakan biaya yang mahal,
selain itu gemericing juga mampu menghidupkan suasana belajar anak
-
Rekaman
dan gambar
Dapat menarik
perhatian anak dengan alat dan gambar yang di tampilkan, sehingga anak menjadi
antusias dalam mengikuti pelajaran serta alat nya juga mudah di dapat
Kekurangan
-
Gemericing
Kalau tidak
di pergunakan secara hati-hati, dapat melukai kita seperti paku maupun tutup
botol limun yang tajam
-
Rekaman
dan gambar
Kalau
anak rebut atau suasana kelas yang tidak dapat di kendalikan, mungkin suara
rekaman tersebut tidak dapat terdengar sampai ke belakang, sehingga pembelajara
tidak berjalan optimal, selain itu gambar yang di gunakan mudah rusak
DAFTAR
PUSTAKA
Tim Doctor Rabbit, 2005. Mengenal
Sains. Jakarta : Erlangga For kid
Hartati, Sri. 2009. Media
pembelajaran. Padang : UNP
Bradway, Lauren dan Albers, Hill,
Barbara. 2003. Pola-pola belajar
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan
pembelajaran sains pada AUD. Jakarta : Ugraha
0 komentar:
Posting Komentar