Selasa, 25 Desember 2012

Analisis Pemilihan dan Pemanfaatan Permainan



PEMILIHAN DAN PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN UNTUK PENGEMBANGAN
PERDEPSI PENGLIHATAN & PERSEPSI PENDENGARAN

Pengembangan persepsi penglihatan adalah persepsi yang di dasarkan kepada penglihatan dan sangat mengutamakan peran indera penglihatan, dan anak mampu memberikan arti atau makna terhadap informasi yang di lihatnya.
Pengembangan persepsi pendengaran adalah pengamatan dan penilaian terhadap sesuatu yang di terima oleh bagian telinga dan anak mampu mengungkapkan dan memberikan informasi yang di dengarnya.

1.      Kenapa perlu di kembangkan ?
·         Supaya anak mampu mengungkapkan serta mengingat apa yang telah ia ingat dan ia dengar
·         Selain itu anak mampu membedakan bentuk, warna dan ukuran suatu benda dari yang ia lihat (penglihatan) dan anak juga mampu membedakan bunyi, seperti bunyi suara anjing dengan suara kucing atau suara gemericing dengan suara gitar
·         Memperbaiki kemampuan dan kepekaan cara-cara mendengarkan atau menyimak informasi dan segala rangsangan yang masuk melalui pendengarnya.
·         Anak dapat meningkatkan kekuatan ingatan dan pendengaran tentang suara-suara yang ia dengar
·         Menekan kan pada kemampuan pendengaran anak sebagai alat untuk memperoleh berbagai pengalaman anak
·         Untuk memperoleh pengalaman belajar melalui jalur visual, sebagai bagian dari memperbaiki perilaku dalam memanfaat kan mata sebagai alat penerima pengalaman

2.      Jenis-jenis media atau alat permainan yang di gunakan untuk mengembangkan persepsi pendengaran dan persepsi penglihatan


·         Gitar mainan
·         Lonceng kaleng
·         Tape recorder
·         Rekaman macam-macam suara, misalnya macam-macam suara binatang
·         Gemericing
·         Terompet mainan
·         Alat perkusi
·         Gambar-gambar
·         Bentuk-bentuk geometri atau bentuk balok
·         Buku cerita

3.      Media atau alat yang di gunakan
·         Gambar-gambar binatang
·         Rekaman suara binatang melalui handphone
·         Gemericing

Pembuatan gemericing
·         Alat dan bahan :
1.      8 tutup botol limun
2.      2 buah paku
3.      Palu
4.      Sepotong kayu sesuai keinginan yang telah di bentuk sedemikian rupa



·         Cara pembuatan :
1.      Tutup botol limun terlebih dahulu di pipih kan dengan menggunakan palu
2.      Paku kan tutp botol limun tersebut di atas permukaan kayu
3.      Pada masing-masing paku di lekatkan 4 buah tutup botol limun
4.      Atur jarak untuk pemasangan paku dan tutup limun berikut nya
5.      Paku yang di tempelkan jangan terlalu dalam agar tutup botol limun memiliki ruang untuk dapat menimbulkan bunyi

4.      Langkah-langkah pelaksanaanya

Tema               :  binatang
Sub tema         :  binatang darat

§  Siapkan barisan anak dan masuk kelas dengan tertib
§  Atur tempat duduk anak
§  Bernyanyi, berdoa, dan ucap salam
§  Bercakap-cakap tentang binatang darat
§  Guru mengajak anak untuk bernyanyi  lagu ‘Helly’ bersama sama di iringi dengan gemericing
§  Guru masuk pada kegiatan pembelajaran yaitu guru memperdengarkan suara-suara binatang darat melalui rekaman dari handphone, kemudian anak di suruh menebak bunyi suara tersebut
§  Setelah anak dapat menebak bunyi tersebut, guru memperlihat kan beberapa gambar binatang darat dan guru meminta anak untuk menebak gambar sesuai dengan suara rekaman yang telah di perdengarkan pada anak tadi.
§  Guru meminta anak untuk memperagakan gaya binatang yang di sebutkan oleh guru
§  Evaluasi
§  Penutup dan salam
5.      Keunggulan dan kelemahan dari alat permainan atau media yang di gunakan
Kelebihan
-          Gemericing
Alat dan bahan mudah di dapat dan mudah di buat serta tidak mengeluakan biaya yang mahal, selain itu gemericing juga mampu menghidupkan suasana belajar anak

-          Rekaman dan gambar
Dapat menarik perhatian anak dengan alat dan gambar yang di tampilkan, sehingga anak menjadi antusias dalam mengikuti pelajaran serta alat nya juga mudah di dapat

            Kekurangan
-          Gemericing
Kalau tidak di pergunakan secara hati-hati, dapat melukai kita seperti paku maupun tutup botol limun yang tajam

-          Rekaman dan gambar
Kalau anak rebut atau suasana kelas yang tidak dapat di kendalikan, mungkin suara rekaman tersebut tidak dapat terdengar sampai ke belakang, sehingga pembelajara tidak berjalan optimal, selain itu gambar yang di gunakan mudah rusak







DAFTAR PUSTAKA

Tim Doctor Rabbit, 2005. Mengenal Sains. Jakarta : Erlangga For kid
Hartati, Sri. 2009. Media pembelajaran. Padang : UNP
Bradway, Lauren dan Albers, Hill, Barbara. 2003. Pola-pola belajar
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan pembelajaran sains pada AUD. Jakarta : Ugraha

0 komentar:

Posting Komentar