Definisi
Bahasa:
Bahasa yaitu suatu bentuk komunikasi baik lisan, tertulis,
atau isyarat yang berdasarkan pada suatu sistem dari simbol-simbol. Bahasa
terdiri dari kata-kata yang digunakan oleh masyarakat beserta aturan-aturan
untuk menyusun berbagai variasi dan mengkombinasikannya.
Alasan perlunya dikembangkan kemampuan bahasa anak:
1.Untuk berkomunikasi dengan orang-orang sekitar.
2. Mendengarkan orang
lain, membaca dan menulis.
3.Untuk mendeskripsikan kejadian-kejadian dimasa lalu dan
merencanakan masa depan.
4.Agar anak dapat
mewariskan informasi dari suatu generasi ke generasi berikutnya, dan
menciptakan suatu warisan budaya yang kaya.
Pengertian
Alat :
Alat adalah sebuah
media yang dipergunakan dalam proses pembelajaran kepada anak dengan tujuan memberian penguatan dalam memberi
penguatan dalam pemberi materi belajar kepada peserta didik dengan alasan agar anak tertarik,antusias,aktif dalam belajar.
Tema:Alat Komunikasi
Sub Tema:Telepon
Jenis-jenis
alat permainan
·
Mari Membuat Telepon -telponan
Anak akan berbicara dengan
teman mereka dengan menggunakan
alat telpon-telponan .diman disini ,dapat melatih anak berbicara pendengaran
anak juga terlatih.
Bahan :
1.kaleng bulat
2.benang Jagung
3.gunting
4.paku
5.palu
Cara membuat:
1. Buatlah lubang kecil ditengah-tengah, tutup kedua kaleng menggunakan
paku. Ambil sepasang benang
masing-masing berukuran 2 meter.
2. Kemudian, memasukan ujung benang ke masing-masing lubang
dikedua kaleng, dari arah luar ke dalam kaleng.
3. Selanjutnya anak-anak
mengikat ujung benang ditiap kaleng
Langkah-langkah
§ anak memilih rekan
sebagai teman bicara
§ Mintalah masing-masing anak memegang kaleng, kemudian
bergerak menjauhi rekannya sampai benang terentang tegang.
§ Pasangan anak itu bisa berbicara ditelepon pendengaran
cukup mendekatkan kaleng
ketelingganya.
Misalnya
: Rita: ‘’hallo...dapat bicara
dengan mesya?’’
Mesya:‘’iya ,ini Mesya?
Rita :mesya bagaiman kalau kita main boneka bersama?
Mesya:ayo,,,,,,,,,,!
·
Benda Apa di Dalam Kotak ?
Aktivitas ini membantu kecakapan mendengar dan kemampuan
berbahasa anak.
Bahan:
1.satu kotak
2.Benda kecil untuk diletakan di dalam kotak ( setidaknya 1 benda untuk anak)
Cara membuat :
1.siapkan beberapa buah kotak kemudian
isi kotak tersebut dengan alat
–alat tulis misalya :crayon, pensil
,pena dll.
Langkah-langkah
§ Bawa kotak saat anak-anak berkumpul
§ Katakan pada anak ada
sesuatu dalam kotak.
§ Buat kesepakatan
dengan jika,sudah membuka
kotak anak harus menceritakan apa yang ada dalam kotak.
§ Seluruh anak memilih
kotak & kemudian anak
menceritakan tentang apa yang berada
didalam kotak seperti :apa
gunanya,namanya dll.
·
Pesan Berantai
Bahan :
1.kotak
2.Gambar
Cara membuat:
1.Siapkan satu buah kotak
2.Siapkan beberapa
buah gambar tersebut
3.Lalu,gulung gambar
tersebut& masukan gambar tersebut kedalam kotak.
Langkah –langkah :
§ Suruh anak membuat barisan
§ Lalu guru mengambil kotak
yang berisi gulungan gambar
tersebut & meminta anak yang bangian
baraisan depan untuk mengambil satu gulungan untuk kotak tersebut.
§ Setelah itu ,anak
yang mengambil gulungan tersebut membisikan apa yang dia lihat dalam gambar kepada
teman dibelakannya sampai teman
yang berada paling belakang.
§ Lalu guru
menyakan pada anak yang paling
belakang tentang inforamasi apa yang ia dapat.
Langkah
– langkah pelaksanaan :
Kegiatan
awal
1. Guru mengucapkan salam.(Asalamualikum)
2. Guru menyapa anak dan menanyakan kabar anak hari itu.(bagaiman
kabar hari anak-anak?)
3. Guru dan anak berdo’a sebelum belajar(membaca doa sebelum
belajar bersama-sama )
4. Guru menanyakan hari dan tanggal, pada hari itu.
5. Guru menjelaskan tentang tema dan sub tema.
6. Menanyakan kembali pada anak tentang tema dan sub tema.
7. Guru dan anak bercakap – cakap tentang komunikasi dan alat
komunikasi, seperti; telepon.
Kegiatan
inti:
§ Anak bermain dengan
telpon –teleponan
Langkah-langkanya:
§ anak memilih rekan
sebagai teman bicara
§ Mintalah masing-masing anak memegang kaleng, kemudian
bergerak menjauhi rekannya sampai benang terentang tegang.
§ Pasangan anak itu bisa berbicara ditelepon pendengaran
cukup mendekatkan kaleng
ketelingganya.
§ Anak bermain menebak
benda Apa di dalam kotak?
§ Bawa kotak saat anak-anak berkumpul
§ Katakan pada anak ada
sesuatu dalam kotak.
§ Buat kesepakatan
dengan jika,sudah membuka
kotak anak harus menceritakan apa yang ada dalam kotak.
§ Seluruh anak memilih
kotak & kemudian anak
menceritakan tentang apa yang berada
didalam kotak seperti :apa
gunanya,namanya dll.
§ Anak bermain pesan berantai
§ Suruh anak membuat barisan
§ Lalu guru mengambil kotak
yang berisi gulungan gambar
tersebut & meminta anak yang bangian
barisan depan untuk mengambil satu gulungan untuk kotak tersebut.
§ Setelah itu ,anak
yang mengambil gulungan tersebut membisikan apa yang dia lihat dalam gambar kepada
teman dibelakannya sampai teman
yang berada paling belakang.
§ Lalu guru
menyakan pada anak yang paling
belakang tentang inforamasi apa yang ia dapat.
Kegiatan
akhir
§ Setelah kegiatan dilakukan ,guru melakukan penguatan
dengan menyakan kembali apa yang
telah mereka pelajari dan lakukan pada hari ini.
§ Guru menutup pelajaran
dengan mengucapkan salam.
Keunggulan
dan kelemahan dari alat permainan
A. Keunggulan dan kelemahan dari permainan telepon
Keunggulan:
a. Anak dapat menerima informasi secara cepat pada jarak yang berjauhan
b. Melatih anak berkomunikasi dengan teman sebaya
c. Membantu anak bersosialisasi dan bekerja sama dengan baik
d. Melatih pendengaran anak
Kelemahan:
a. Jarak komunikasi anak terbatas.
B. Keunggulan dan
kelemahan dari permainan tebak isi kotak & pesan berantai
Keunggulan:
a. Anak dapat
mengungkapkan apa yang ia lihat
dengan bahasanya sendiri
b. Merangsang anak agar ikut serta dalam permainan yang
diberikan.
c. Terjadi tanya jawab secara sederhana antara guru dan anak.
d. Menimbulkan keberanian anak dalam mengungkapkan pendapatnya.
e. Menambah rasa ingin tahu anak.
Kelemahan:
a. Jika guru
memaparkan benda yang kurnang dikenal anak ,maka pengembangan bahasa anak tidak dapat dilatih.
0 komentar:
Posting Komentar