Selasa, 25 Desember 2012

Permainan yang mengembangkan Bahasa AUD



Definisi Bahasa:
Bahasa yaitu suatu bentuk komunikasi baik lisan, tertulis, atau isyarat yang berdasarkan pada suatu sistem dari simbol-simbol. Bahasa terdiri dari kata-kata yang digunakan oleh masyarakat beserta aturan-aturan untuk menyusun berbagai variasi dan mengkombinasikannya.
Alasan perlunya dikembangkan kemampuan bahasa anak:
1.Untuk berkomunikasi dengan orang-orang sekitar.
2. Mendengarkan  orang lain, membaca dan menulis.
3.Untuk mendeskripsikan kejadian-kejadian dimasa lalu dan merencanakan masa depan.
4.Agar anak  dapat mewariskan informasi dari suatu generasi ke generasi berikutnya, dan menciptakan suatu warisan budaya yang kaya.
Pengertian Alat :
Alat adalah sebuah  media yang dipergunakan dalam proses pembelajaran kepada  anak dengan tujuan  memberian penguatan  dalam memberi  penguatan  dalam pemberi  materi belajar kepada peserta  didik dengan alasan agar anak  tertarik,antusias,aktif dalam belajar.
Tema:Alat Komunikasi
Sub Tema:Telepon
Jenis-jenis alat permainan
·         Mari Membuat Telepon -telponan
Anak akan berbicara dengan  teman mereka  dengan menggunakan alat telpon-telponan .diman disini ,dapat melatih anak berbicara pendengaran anak juga terlatih.

Bahan :
1.kaleng bulat
2.benang Jagung
3.gunting
4.paku
5.palu
Cara membuat:
1.      Buatlah lubang kecil ditengah-tengah, tutup kedua kaleng menggunakan paku. Ambil  sepasang benang masing-masing berukuran 2 meter.
2.      Kemudian, memasukan ujung benang ke masing-masing lubang dikedua kaleng, dari arah luar ke dalam kaleng.
3.      Selanjutnya  anak-anak mengikat ujung benang ditiap kaleng
Langkah-langkah
§  anak  memilih rekan sebagai teman bicara
§  Mintalah masing-masing anak memegang kaleng, kemudian bergerak menjauhi rekannya sampai benang terentang tegang.
§  Pasangan anak itu bisa berbicara ditelepon  pendengaran  cukup mendekatkan kaleng  ketelingganya.
Misalnya :        Rita: ‘’hallo...dapat bicara dengan mesya?’’
Mesya:‘’iya ,ini Mesya?
Rita :mesya bagaiman kalau kita main boneka bersama?
Mesya:ayo,,,,,,,,,,!

·         Benda Apa di Dalam Kotak ?
Aktivitas ini membantu kecakapan mendengar dan kemampuan berbahasa anak.
Bahan:
1.satu kotak
2.Benda kecil untuk diletakan di dalam kotak  ( setidaknya 1 benda untuk anak)
Cara membuat :
1.siapkan beberapa buah kotak  kemudian  isi kotak  tersebut dengan alat –alat tulis  misalya :crayon, pensil ,pena dll.
Langkah-langkah
§  Bawa kotak saat anak-anak berkumpul
§  Katakan pada anak  ada sesuatu  dalam kotak.
§  Buat kesepakatan  dengan jika,sudah  membuka kotak  anak harus  menceritakan apa yang ada dalam kotak.
§  Seluruh anak  memilih kotak & kemudian  anak menceritakan  tentang apa  yang berada  didalam  kotak seperti :apa gunanya,namanya dll.
·         Pesan Berantai
Bahan :
1.kotak
2.Gambar
Cara membuat:
1.Siapkan satu buah kotak
2.Siapkan beberapa   buah gambar  tersebut
3.Lalu,gulung gambar  tersebut& masukan gambar tersebut kedalam kotak.
Langkah –langkah :
§  Suruh anak membuat barisan
§  Lalu guru mengambil kotak  yang berisi gulungan  gambar tersebut &  meminta anak yang bangian baraisan depan  untuk mengambil  satu gulungan untuk kotak  tersebut.
§  Setelah itu ,anak  yang mengambil  gulungan  tersebut membisikan apa  yang dia lihat dalam  gambar kepada  teman  dibelakannya sampai teman yang berada paling belakang.
§  Lalu  guru menyakan  pada anak  yang paling  belakang  tentang inforamasi  apa yang ia dapat.
Langkah – langkah pelaksanaan :
Kegiatan awal
1.      Guru mengucapkan salam.(Asalamualikum)
2.      Guru menyapa anak dan menanyakan kabar anak hari itu.(bagaiman kabar hari anak-anak?)
3.      Guru dan anak berdo’a sebelum belajar(membaca doa sebelum belajar bersama-sama )
4.      Guru menanyakan hari dan tanggal, pada hari itu.
5.      Guru menjelaskan tentang tema dan sub tema.
6.      Menanyakan kembali pada anak tentang tema dan sub tema.
7.      Guru dan anak bercakap – cakap tentang komunikasi dan alat komunikasi, seperti; telepon.
Kegiatan inti:
§  Anak bermain  dengan telpon –teleponan
Langkah-langkanya:
§  anak  memilih rekan sebagai teman bicara
§  Mintalah masing-masing anak memegang kaleng, kemudian bergerak menjauhi rekannya sampai benang terentang tegang.
§  Pasangan anak itu bisa berbicara ditelepon  pendengaran  cukup mendekatkan kaleng  ketelingganya.
§  Anak  bermain menebak benda Apa  di dalam kotak?
§  Bawa kotak saat anak-anak berkumpul
§  Katakan pada anak  ada sesuatu  dalam kotak.
§  Buat kesepakatan  dengan jika,sudah  membuka kotak  anak harus  menceritakan apa yang ada dalam kotak.
§  Seluruh anak  memilih kotak & kemudian  anak menceritakan  tentang apa  yang berada  didalam  kotak seperti :apa gunanya,namanya dll.
§     Anak bermain pesan berantai
§  Suruh anak membuat barisan
§  Lalu guru mengambil kotak  yang berisi gulungan  gambar tersebut &  meminta anak yang bangian barisan depan  untuk mengambil  satu gulungan untuk kotak  tersebut.
§  Setelah itu ,anak  yang mengambil  gulungan  tersebut membisikan apa  yang dia lihat dalam  gambar kepada  teman  dibelakannya sampai teman yang berada paling belakang.
§  Lalu  guru menyakan  pada anak  yang paling  belakang  tentang inforamasi  apa yang ia dapat.
Kegiatan akhir
§  Setelah kegiatan dilakukan ,guru melakukan  penguatan  dengan menyakan kembali  apa yang telah mereka  pelajari  dan lakukan pada hari ini.
§  Guru menutup pelajaran  dengan mengucapkan salam.
Keunggulan dan kelemahan dari alat permainan
A.      Keunggulan dan kelemahan dari permainan telepon
Keunggulan:
a.       Anak dapat menerima informasi  secara cepat pada jarak yang berjauhan
b.      Melatih anak berkomunikasi dengan teman sebaya
c.       Membantu anak bersosialisasi dan bekerja sama dengan baik
d.      Melatih pendengaran anak
Kelemahan:
a.       Jarak komunikasi anak terbatas.
B.       Keunggulan dan kelemahan dari permainan tebak isi kotak & pesan berantai
Keunggulan:
a.       Anak  dapat mengungkapkan  apa yang  ia lihat  dengan bahasanya sendiri
b.      Merangsang anak agar ikut serta dalam permainan yang diberikan.
c.       Terjadi tanya jawab secara sederhana antara guru dan anak.
d.      Menimbulkan keberanian anak dalam mengungkapkan pendapatnya.
e.       Menambah rasa ingin tahu anak.
Kelemahan:
a.       Jika guru  memaparkan   benda yang  kurnang dikenal  anak ,maka pengembangan bahasa anak  tidak dapat dilatih.





























0 komentar:

Posting Komentar