I. Pengertian Motorik Kasar
Menurut Nurhasan (Sujiono, 2003:5)
kemampuan motorik kasar pada anak adalah
prestasi yang ditampilkan oleh anak dalam menunjukkan kemampuan motorik kasar
sesuai denga tingkatan kemampuan motorik kasar yang sesuai untuk usia
tertentu. Kemampuan motorik merupakan
salah satu keterampilan yang sangat penting, terutama kemampuan motorik kasar
karena ini wajib dimiliki oleh anak sebagai dasar untuk menuguasai gerak
selanjutnya yang lebih kompliks yang berguna untuk meningkaktkan kualitas hidup
anak pra sekolah di masa datang. Dengan matangnya kemampuan motorik pada anak,
maka anak tidak akan merasa kaku dalam menggerakkan kaki dan tangan. Dimana
kemampuan dari motorik kasar adalah kemampuan nonklomotor, kemampuan lokomotor,
dan kemampuan manipulatif. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian motorik
kasar adalah kemampuan anak beraktivitas menggunakan otot-otot besarnya yang
mana tergolong dalam kemampuan gerak dasar.
II. Alasan Kenapa Perlu Dikembangkan
Motorik Kasar Anak
Untuk
meningkatkan penguasaan keterampilan gerak, memelihara dan meningkatkan
kebugaran jasamani, menanamkan sikap percaya diri, mampu bekerjasama, dan
berperilaku disiplin, jujur dan sportif. Kualiatas motorik tidak terlihat dari
seberapa jauh anak tersebut mampu menyelesaikan tugas motorik yang diberikan
dengan tingkat keberhasilan dalam melaksanakan tugas perkembangan motorik tetapi
motorik yang dilakukan efektif dan efisien.
III. Jenis-jenis Alat Permainan untuk
Mengembangkan Motorik Kasar Anak
Boy-boyan; - berlari
-
menggelinding bola
-
melempar bola
-
menangkap bola
IV. Cara Pembuatan Alat
·
Jenis Permainan : Boy-boyan
·
Media : Bola berukuran kecil dan
keranjang
·
Bahan :
-
Bola berukuran kecil
-
Kertas karton
-
Lem
-
Gunting
-
Karter
-
Kertas kado
-
Kardus
-
Rol
-
Pensil
Alat-alat diatas seperti kertas karton, gunting, lem,
karter, kardus, kertas kado, rol, dan pensil dibuat menjadi berbentuk tabung
yang digunakan untuk keranjang tempat bola.
·
Cara pembuatan keranjang :
-
Menentukan ukuran karton
-
Membentuk kertas karton sedemikian rupa
sehingga berbentuk tabung
-
Memotong kardus untuk dijadikan alas
pada potongan kertas karton, sehingga terbentuk alas tabung
-
Menghias sedemikian rupa bagian tabung
dengan menggunakan kertas kado
V. Langkah-langkah Pelaksanaannya
-
Tema : Kebutuhanku
-
Sub Tema : Kesehatan
Pemiliahan tema
kebutuhanku dengan sub tema kesehatan karena berkaitan dengan kegiatan yang
kami praktekkan pada anak usia TK. Permainan ini melatih kemampuan motorik kasar
dan kemampuan manipulatif anak dengan cara menggerakkan semua anggota tubuh dan
menkoordinasikan mata dan tangan. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk olah
raga anak usia TK karena dapat meningkatkan kesehatan anak melalui
gerakan-gerakan tubuh yang diperlukan dalam permainan boy-boyan.
-
Pelaksanaan Kegiatan:
Kegiatan ini
dilaksanakan di Jl. Situjuh 3 No. 3 Padang disalah satu rumah warga yang
mempunyai halaman rumah yang berukuran luas, kami mengumpulkan 7 orang
anak yang berusia 4-6 tahun. Kami membuat
3 kelompok, dimana dalam 1 kelompok terdiri dari 2 orang anak. Kegiatan yang
kami laksanakan akan kami uraikan sebagai beriku;
ê Guru
dan anak mengucap salam
ê Anak
berdoa bersama
ê Guru
menanyakan keadaan anak atau bercakap-cakap pagi
ê Guru
memberi tahu anak tentang tema hari itu
ê Guru
bertanya jawab dengan anak tentang tema
ê Guru
memperlihatkan media pembelajaran seperti bola dan keranjang bola
ê Guru
menyelingi dengan lagu anak-anak
ê Guru
mengajak anak bermain dengan bola :
ê Guru
menjelaskan apa bentuk permainan yang akan dilakukan anak
ê Anak
dibagi menjadi 3 kelompok, satu kelompok terdiri dari 2 orang
ê Jarak
antara anak dengan pasangannya adalah ±1 meter
ê Satu
anak melempar bola dan pasangannya menangkap bola
ê Bola
yang dimasukkan kedalam keranjang sebanyak 6 buah
ê Kelompok
yang berhasil menangkap semua bola, itulah pemenangnya
ê Selanjutnya
anak bertukar tempat antara pelempar dengan penangkap bola
VI.
Keunggulan
dan Kelemahan Bermain Melempar dan Menagkap Bola
Adapun keungulan dari permainan ini yaitu dengan melempar
dan menangkap bola mororik kasar anak akan semakin berkembang sehingga gerakan
tubuh anak menjadi lebih lentur, gerakan motorik kasar juga dapat mengarahkan
pada perkembangan otak anak karena dengan adanya koordinasi antara mata,
gerakan tubuh dan gerakan tangan dan kaki. Selain untuk mengembangkan motorik
kasar anak permainan ini juga dapat mengembangkan aspek kognitif yaitu pada
saat guru mengarahkan anak untuk mengetahui warna apa yang ada pada bola , juga dapat mengembangkan aspek sosial
emosional, yaitu diwaktu anak melempar dan menangkap terjalinnya hubungan
kerjasama sesama temanya.
Kelemahan alat permainan ini adalah keranjang bola yang
terbuat dari kertas karton hanya dapat dipakai satu kali, karena kurangnya
ketahanan keranjang yang terbuat dari kertas karton.
0 komentar:
Posting Komentar